Jumat, 02 Maret 2012

CARA MENANAM KETELA POHON / SINGKONG


Tanaman singkong adalah termasuk dalam umbi-umbian yang tumbuh subur tanpa harus ada perawatan khusus dan  biji sinkong ini enak sekali diolah atau dimasak dengan cara apapun,untuk menanamnya juga mudah sekali, tinggal dipotong batangnya dan ditancapkan.
Sejarah singkat ,ketela pohon atau singkong berasal dari Benua Amerika.atau tepatnya dari Negara Brazil.Penyebaranya hampir keselusuh penjuru Dunia antara lain:Afrika India,Tiongkok dan Indonesia .Bahkan di Indonesia menjadi bahan makanan pokok pengganti Beras.
Cara penanaman mudah sekali dan sangat cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia.namun ketela pohon atau singkong kurang tumbuh subur pada suhu dibawah  10 drajat Celsius.lebih cocok dan tumbuh subur pada suhu diatas 30drajat celcius.

Ada kreasi  penanaman sestim kawin silang dengan tujuan agar mendapatkan hasil biji yang besar atau banyak.Dengan cara penyambungan batang singkong ( blandrek )(bahasa jawa).yaitu menyambung batang singkong karet.Batang yang akan disambung adalah singkong yang enak yang umum dimakan dan sambung dengan batang singkong karet (yang buahnya beracun).
Untuk batang singkong yang enak dibawah dan untuk singkong karetnya diatas.Karena singkong karet terkenal akan kelebatanya daunya dan tumbuh subur.Jika pohonya besar tentu buahnya akan besar pula.
Kali ini saya punya pengalaman yang pernah saya alami untuk mendapatkan buah singkong yang besar dengan masa tanam yang sama juga perawatan yang sama namuan bisa menghasilkan buah singkong yang besar.yaitu dengan cara sambung  batang ( blandrek) bhs Jawa.
CARA MENANAM SINGKONG DENGAN SAMBUNG BATANG:    
Bahan-bahan:                                                                  
1.Siapkan batang singkong yang baik ( umbinya enak )
2.Siapkan batang singkong karet.( umbinya  beracun )
3.Siapkan pisau tajam.
4.Tali plastik/ rapia.
CARA MEMBUAT  BLANDREKAN:

1.Potong batang singkong dengan membentuk huruf  ( v )
2.Potong batang singkong karet dengan berlawanan dengan huruf ( V ).
3.Sambungkan batang singkong dan ikat dengan tali rapia.
4.Yakinkan batang singkong yang bawah singkong enak dan yang atas singkong karet.         
5.Tanamkan dengan sedikt miring +- 70 drajat.
6.Jaga tunas yang tumbuh harus batang yang atas.jika batang bawah tumbuh tunas bunglah tuasnya.
7.Biarkan hingga tunas tumbuh subur.
8.Tunggu hingga masa panen singkong tiba.
Selamat mencoba semoga bermafaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar zaw