Rabu, 18 Januari 2012

Pertamina Lirik Potensi Migas Utara Brantas Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Dalam waktu dekat ini PT Pertamina EP akan melakukan penelitan kandungan migas atau survei seismik di utara Sungai Brantas Kabupaten Jombang. Pasalnya, wilayah di utara Brantas tersebut masuk dalam kawasan Blok Nona yang tersebar di lima kabupaten di Jawa Timur.

Kenyataan itu terungkap dalam hearing (dengar pendapat) yang digelar Komisi C DPRD Jombang dengan pihak eksekutif, Rabu (18/1/2012). Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Badan SDA (Sumber Daya Alam) Darmadji, Kepala BLH (Badan Lingkungan Hidup) Heru Widadjayanto dan perwakilan dinas terkait.

Pembahasan rapat menyangkut rencana survei seismik yang akan dilakukan sepanjang 52 km di enam wilayah kecamatan di Jombang. Yakni Kecamatan Ploso, Kudu, Ngusikan, Plandaan, Kabuh dan Tembelang. "Rencana survei seismik tersebut memang sudah mendapatkan izin dari Bapak Bupati sejak 2011 lalu," kata Darmadji di depan forum.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan sejumlah rumusan terkait pemberian ganti rugi kepada warga yang lahannya menjadi lokasi survei. Selanjutnya, rumusan tersebut akan disosialisasi kepada masyarakat. "Kita masih menyiapkan rumusan untuk ganti rugi," ujarnya menambahkan.

Ketua Komisi C DPRD Jombang Sholikin Ruslie mengingatkan pentingnya sosialisasi kepada masyarakat sebelum survei seismik dilakukan. Sehingga kasus kegagalan survei Exxon di Blok Guting lewat PT Sari Pari Geosains tahun 2010 tak terulang.

"Mekanisme dan penentuan ganti rugi atas lahan yang menjadi lokasi survei juga sudah harus direncanakan dengan matang. Penetapan standar ganti rugi harus ditetapkan lewat SK bupati," katanya mengingatkan. [suf/kun]

Sumber: http://beritajatim.com/detailnews.php



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar zaw